Nrimo ing pandum

phot0009.jpg Pagi-pagi selesai nyuci baju, terdengar suara ketok pintu. “Kulonuwun…assalamu’alaikum.” Kubuka pintu, “e…pak dukuh, mari masuk”. Padi-pagi begini pak dukuh kerumahku, “Ada apa pak?” tanyaku.

“Mas, njenengan punya fotokopi KTP?” Heran juga aku, ko tanya fc KTP sgala, jangan-jangan…..

“Mas kan gak dapet bantuan dari pemerintah, siapa tau nanti ada pihak dari swasta ada yang mau bantu, tapi saya perlu fc KTP njenengan.” Kontan aja aku bilang “ooo…ada pak, sbentar saya carikan.”

Aku obrak-abrik isi lemari, tumpukan buku, dan dimana aja pokoknya musti nemuin fc KTP saat ini juga, mumpung ada pak dukuh, dan ternyata ada juga meski udah lecek dan kumal. phot0036.jpg

“Begini mas, saya tidak bisa menjanjikan, tapi akan saya usahakan, ya…meski cuma bisa untuk beli semen kan lumayan, bisa untuk bikin kamar mandi.” kata pak dukuh. “Iya pak, dari dulu saya juga nggak pernah berharap. Walaupun tetangga disekitar sini ada yang dapet bantuan dua rumah, dari pemerintah dan swasta, saya juga tetep diam.”

“kalo begitu, saya pamit dulu.”

“ya pak, makasih…”

Masalah dana bantuan memang membingungkan, terkadang bisa bikin orang nggerundel bahkan emosi. Gimana nggak, ada yang dapat bantuan 2 rumah, ada uang 1 rumah plus uang, tapi ada juga yang gak dapat apa-apa. Yang terakhir contohnya ya abahnya salma ini.

Tapi biarlah, itu kan urusan mereka sendiri, diakhirat kan mereka sendiri yang nanggung. Prinsip aku sih “dikasih ya alhamdulillah, tapi kalo nggak ya nggak apa-apa.” Kalo minta, apalagi sih pake demo sgala, bisa aja dapat bantuan rumah. Tapi aku gak mau “ngemis”

Ada dana ya aku bangun, ga ada dana ya seperti ini dulu, yang penting bisa untuk berteduh, dan udah gak ditenda seperti pengungsi waktu dulu.

Nrimo ing pandum

4 Responses to “Nrimo ing pandum”


  1. 1 reeyes August 6, 2007 at 2:26 pm

    Maaall…love u bro, pake trus ya prinsipnya, jangan pernah goyah,kita hidup di dunia cm sementara..mall ria jd pingin nangis ni..

  2. 2 reeyes August 6, 2007 at 2:28 pm

    eh..ga jadi nangis de.harusnya aq gembira punya Kaka’ kaya’ begini

    # Gitu donk…mmmuaach!!!!

  3. 3 paul_coz07 September 4, 2007 at 6:40 pm

    yoi… bang
    Terimo ing pandum merupakan perinsip yang betolelllll BGT,
    Jadi kita tidak usah memaksakan kehendak, Tuhan pasti tahu akan yang kita butuhkan. meskipun kita ndak tahu berkah yang kan kita terima darinya kapan datangnya. Yang penting itu…………..
    Ocre….. bang mall.

  4. 4 rina August 11, 2009 at 12:41 pm

    wish you all the best,brother….


Comments are currently closed.



Archives

Categories

IP

Stats

  • 299,075 hits
Bookmark and Share

