Usir Nyamuk dengan Tanaman

Ada berbagai cara untuk mengatasi nyamuk yang membandel, tapi inilah cara yang paling aman.

        NYAMUK-NYAMUK yang mewabah saat musim hujan tiba memang bikin sebel. Segala cara dilakukan agar nyamuk tidak datang. Pakai obat nyamuk bakar, tak tahan dengan bau asapnya. Pakai obat nyamuk semprot, takut terkontaminasi oleh kandungan kimia yang ada di dalamnya. Lalu, pakai apa, dong?

        Ada cara alami mencegah nyamuk singgah ke rumah, yakni dengan meletakkan tanaman tertentu. Tanaman zodia, lavender, dan geranium diyakini mampu mengusir nyamuk. Ketiga tanaman ini mengeluarkan aroma khas yang membuat nyamuk ogah mendekat. Selain indah, tanaman-tanaman ini aman bagi kesehatan karena tidak mengandung bahan-bahan kimia. Yuk, berkenalan satu-persatu dengan mereka.

1. Zodia (Evodia suaveolens scheff)

        Tanaman zodia merupakan tanaman yang paling efektif mengusir nyamuk. Tanaman ini berasal dari Papua, dan sejak dulu digunakan oleh suku di sana sebagai tanaman obat.

 

        Zodia termasuk tanaman yang menyenangi matahari, karena itu tanaman ini harus dikeluarkan dari ruangan setiap hari. Penyiramannya tidak usah terlalu sering, cukup 2 kali seminggu.

2. Geranium (Pelargonium graveolens)

        Geranium sebenarnya lebih cocok berada di udara dingin. Udara Jakarta masih memungkinkan tanaman ini hidup, namun daun-daunnya akan tumbuh kecil. Jika batangnya mulai memanjang dan daun mulai berkurang, geranium harus segera dipangkas. Daun pun akan tumbuh kembali. Berbeda dengan zodia, geranium harus sering disiram dan dipupuk terus menerus.

3. Lavender (Lavandula spp)

        Aroma lavender tidak sekeras geranium dan zodia sehingga lebih efektif jika dioles ke badan. Lavender sangat membutuhkan matahari, sehingga harus diletakkan di tempat yang tidak ternaungi. Tempat teduh justru bisa menggugurkan bunganya.

 

Ditaruh di mana?

        Tanaman-tanaman anti nyamuk ini bisa diletakkan di dalam atau di luar ruangan. Yang paling tepat adalah menaruhnya di dekat jendela, pintu, ventilasi, dan tempat-tempat yang memungkinkan nyamuk masuk ke dalam rumah. Selain mencegah nyamuk masuk ke dalam rumah, hembusan angin bisa membuat aroma tanaman ini menyebar.

 

Tip

        Jika tanaman sudah rimbun, sebaiknya tanaman tetap berada di luar. Petik saja beberapa lembar daun yang sudah tua, taruh di atas piring, dan letakkan di dalam ruangan. Daun di atas piring ini bisa tahan sampai dua bulan.

Sumber :  Abad21.COM

2 Responses to “Usir Nyamuk dengan Tanaman”


  1. 1 wayan August 28, 2009 at 9:40 pm

    klau mau beli di mana

  2. 2 kord gitar April 29, 2011 at 9:47 am

    Aku sangat tertarik, tp dmn aku bs dapat tanaman itu gan?


Comments are currently closed.



Archives

Categories

IP

Stats

  • 299,075 hits
Bookmark and Share

%d bloggers like this: