Mengusir Sakit Kepala Secara Alami

Sakit kepala adalah keluhan yang sering dialami oleh banyak orang. Biasanya, penderita langsung menenggak obat sakit kepala. Sebenarnya – sebelum Anda mengonsumsi obat – ada beberapa cara alami yang dapat dilakukan untuk mengatasi sakit kepala.

Terlalu sering mengonsumsi obat sakit kepala berisiko menimbulkan gangguan kesehatan yang lain di kemudian hari. Padahal, pemicu timbulnya sakit kepala dapat berupa hal-hal yang kita lakukan atau alami sehari-hari, seperti terlalu lama duduk di depan komputer, terlalu lama duduk di bawah AC, syaraf tegang, stres atau badan yang terlalu lelah.

Untuk itu, Anda dapat mencoba cara pertolongan pertama secra alamiah berikut ini:

  1. Kompreslah dahi dan leher bagian belakang atau di bagian yang terasa sakit dengan kain hangat. Rasa hangat akan menyebar dan membantu mengendurkan ketegangan.
  2. Lakukan pemijatan pada telapak tangan Anda, khususnya di bagian tengah antara jari telunjuk dan ibu jari.
  3. Kurangi konsumsi kafein seperti the dan kopi karena kafein merupakan salah satu pemicu sakit kepala.
  4. Terkadang sakit kepala merupakan indikasi Anda mengalami dehidrasi. Untuk itu, usahakan selalu minum cukup banyak air, setidaknya delapan gelas sehari. Meminum air hangat juga dapat membantu mengurangi rasa sakit yang menyerang.
  5. Minumlah suplemen makanan bila Anda sering mengalami sakit kepala, contohnya suplemen yang mengandung kalsium dan magnesium karena keduanya dapat membantu mengurangi ketegangan otot.
  6. Ubahlah cara Anda duduk saat bekerja atau saat duduk di depan komputer. Posisi punggung yang terlalu rendah dapat menimbulkan rasa sakit pada bagian lain seperti otot leher dan bahu yang menegang dan memungkinkan timbulnya sakit kepala.
  7. Lakukan meditasi. Kegiatan ini dipercaya dapat membantu mengatasi ketegangan otot dan syaraf sehingga rasa sakit kepala pun dapat dikuasai. Diperlukan latihan secara berkala untuk dapat menguasai teknik meditasi yang baik.
  8. Berendamlah di air hangat dengan menggunakan aroma yang menenangkan seperti chamomile dan lavender, kemudian gunakan aromatherapy beraroma sama sebelum tidur yangjuga dpat mengurangi ketegangan.

Apabila sakit kepala terus berlanjut Anda perlu waspada terhadap kemungkinan gangguan kesehatan yang lebih serius. Untuk memastikannya, konsultasikan dengan dokter pribadi Anda.

Sumber: Abad21.COM

26 Responses to “Mengusir Sakit Kepala Secara Alami”


  1. 1 reeyes August 2, 2007 at 2:00 pm

    kalo sakit kepala ga ada duit Bro…

  2. 2 mallcom August 2, 2007 at 2:13 pm

    Minta abahnya dunk, ato nodong pacarnya. Kalo ga mo ngasih…putusin aja hahahaha….

  3. 3 fitria rani Indramayu July 17, 2009 at 4:34 pm

    gw tahU cara yang pAling ToKcer menghilangkAn saKIT KEpaLA

    mO TAu?? BeNer…! temploKin az..lemBaran dUit warNa meRah yg BuANYAk di jiDat lOe…

    he..he.. I”am sorry juSt kiDiNG..

  4. 4 Mallcom July 17, 2009 at 4:55 pm

    wah waaaah….emang bener2 manjur nih saran fitria, ToKcer hahaha…

  5. 5 bang udin October 23, 2009 at 2:35 pm

    makasih infonya … aku juga sering sakit kepala

  6. 6 yudi December 1, 2009 at 2:24 pm

    kalau sakit kepala bawah apa obatnya ya,mungkin cewek yg lebih tau.

  7. 7 Hafzo February 12, 2010 at 8:49 pm

    Law sakit kepala ,bentUrin ja mzlah ny ke dINdin9,
    hehehe

  8. 8 By fuad February 16, 2010 at 11:48 am

    Sakit kepala? Paramex obatnya!

  9. 9 Rara February 27, 2010 at 7:10 pm

    Makasih ya infox smg beneran manjur buat aq yg sering sakit kepala

  10. 10 Dinda March 6, 2010 at 7:15 pm

    Tq yach infox,ntar w m suami cobain

  11. 11 siddiq March 26, 2010 at 6:50 pm

    bro
    kalau gw sakit bner nech kpala
    gmn t

  12. 12 jibril April 14, 2010 at 8:49 pm

    saya mengalami sakit kepala yg hebat setiap hari selama 3 th lebih,mohon diberi tips/obat alami,berhubung alasan ekonomi,please…………….

  13. 14 nia May 24, 2010 at 2:03 pm

    mksih..ntar dicobain deh..

  14. 15 daku August 9, 2010 at 8:54 am

    duch udh dua hri kpla Q mach skit….blh tau obat laen nya qaq…..?????yq lbhmanjur qitoch

  15. 16 isdar anas October 6, 2010 at 2:40 pm

    saya setiap hari mengalami sakit kepala setiap bangun tidur kepala saya sakit! apa sih obatnya?

  16. 17 indah November 18, 2010 at 7:37 pm

    manjur sch……..
    tpi sdikit……🙂

  17. 18 indah November 18, 2010 at 7:41 pm

    waducchhhhhhhhhhhh…..

  18. 19 Itom December 7, 2010 at 5:09 pm

    ” tetap g ilang gan….. !!! “

  19. 20 Sudirman February 13, 2011 at 3:49 pm

    Alhamdulillah sakit kepalaku sudah berhenti walaupun kadang masih agak sedikit sakit tapi mudah2an Allah SWT memberi kesabaran

  20. 21 Sudirman February 13, 2011 at 4:11 pm

    Aku pernah mengalami sakit kepala bertahun-tahun maklum setiap sakit itu datang aku diobati pake Dukun Maklum didesa antara percaya dan tidak aku coba2 Datangi org pintar Alhamdulillah berhenti stelah dibacakan ayat2 tapi tdk brthn lama dtg lg sakit kepalaku aku lg dtg itu org pintar smbuh lagi sakit kepalaku katanya “Sila Ulu” Dan bgt strusx klaw sakit. Tp ini sakit kepalaku lain dr yg lain biar diobati pake dukun tdk brhenti henti jadi aku ZIKIR dan ambi tasbih alhamdulillah sakit kepalaku agak brhnti. Tapi sepertinya ada dari Allah SWT aku coba2 gunakan obat tradisional yaitu JAHE secukupnya, BAWANG PUTIH 2biji,MERICA 1sendok saya tumbuk halus saya campur dgn air panas kurang seperdua gelas lalu peras dan airnya kuoles dibagian yg sakit. Kalau utk diminum hanya jahenya saja.

  21. 22 dealer pulsa February 25, 2011 at 8:03 am

    thanks atas infonya saya sering sakit kepala apalagi pas kurang tidur

  22. 23 n2g August 29, 2011 at 10:46 pm

    bagaimana dengan pemijatan di kepala?

  23. 24 iidds October 21, 2011 at 2:25 pm

    aku klw nahan laper..baru sakit kepala……

  24. 26 frrs October 21, 2011 at 2:29 pm

    kalw sakit kepala sy sering minum obat warung, sembuh sich..tp ada efek bahayanya g yach..??


Comments are currently closed.



Archives

Categories

IP

Stats

  • 299,075 hits
Bookmark and Share

%d bloggers like this: